Kreatif di Lahan Sempit

Manfaatkan halaman untuk berkebun
Berkebun di rumah memang menyenangkan. Melihat kebun halaman rumah yang rapi, indah, asri akan membuat hari jadi adem.

Halaman rumah yang tidak seberapa luas pun sudah bisa untuk berkebun. Butuh kreatifitas agar berkebun semakin menyenangkan.



Berkebun bisa beri tambahan hasil
Memanfaatkan botol plastic bekas atau ban mobil yang tak terpakai untuk pot tanaman. Botol dan ban bekas ini, diisi dengan media tanam atau tanah dan ditaburkan bibit yang ingin ditanam.

Sementara itu, jika ingin menanam tanaman hias bisa juga menggunakan pot yang lebih bagus. Pot-pot tanaman hias ini bisa digantunkan di pagar atau di sisi jendela rumah. Pastikan tali pengikat cukup kuat untuk menahan beban pot.

Berkreasi membuat senang
Foto-foto : Tri Mardi Rasa

Karung plastic atau karung goni bekas bisa juga dimanfaatkan untuk jadi pot. Namun, terlebih dahulu karung bekas tersebut di jahit untuk membuatnya seperti sebuah kantong sehingga bisa diisi dengan media tanam untuk menumbuhkan bibit tanaman yang diinginkan.


Selain itu, beberapa perabotan rumah yang tidak terpakai juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan dari tanaman yang ditumbuhkan dalam pot atau wadah bekas tersebut.

Rumah makin semarak
Sisi dinding di rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam jenis tanaman merambat. Agar nampak indah gunakan juga kawat agar tanaman bisa mrambat di kawat tersebut.

Budidaya Sistem Hidroponik dan Aquaponik juga bisa menjadi salah satu alternative untuk memperindah halaman kosong rumah. Jika yang ditanam adalah jenis sayuran, makan kedua sistem ini bisa mendapatkan dua hasil sekaligus yaitu panen sayuran dan ikan.

Nah, jika sudah memutuskan berkebun, jangan lupakan hal penting lainya yaitu untuk merawat tanaman tersebut agar tidak merana dan tetap memberikan keindahan.

Tri Mardi Rasa




No comments: