Ajarkan Anak Menanam Sejak Dini


Tidak saja orang dewasa yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Anak-anak pun bisa diajarkan untuk melakukannya dengan cara mudah yaitu mengajaknya berkebun.

Sempitnya lahan bukan halangan untuk bercocok tanam sayuran dan buah terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan padat penduduk. Dengan mengajak anak-anak berkebun di halaman rumah, akan membuat rumah terasa indah, tidak terasa gersang, panas, dan bisa mengurangi polusi.
Berkebun bisa menjadi motivasi bagi anak-anak untuk bisa bermain dan belajar, berekreasi, berkembang, berperan dalam dunianya. Anak-anak bisa belajar budidaya tanaman secara sederhana mulai tahap-tahap penanaman dari penyemaian hingga menanam bibitnya di lahan ataupun di pot-pot dengan berbagai tanaman sayuran yang mudah tumbuh.

Tentunya, anak-anak akan menjadi lebih ceria saat melakukan praktik langsung bagaimana menyemai bibit, menanam di lahan dan melakukan perawatannya. Hampir seluruh anak-anak yang terlibat dalam kegiatan berkebun ini tidak mempedulikan lagi dengan tangan, baju dan sepatu yang kotor oleh tanah.

Berkebun, sangat dianjurkan bagi anak-anak karena bisa menggugah semangatnya untuk terus belajar bertanam khususnya untuk dilingkungannya. Yuk, mulai ajarkan anak-anak berkebun di rumah.

Tri Mardi Rasa

No comments: