Peran Warga Untuk Lingkungan

Warga bekerjasama manfaatkan lahan
Foto : Tri Mardi Rasa
Diperlukan terobosan baru yang bisa menyemangati banyak orang untuk melakukan kepedulian pada lingkungan dan menjaga sumber pangan alami. 

Peran serta masyarakat secara aktif sangat dibutuhkan yang menjadi bagian dari koloborasi dan eksplorasi untuk kegiatan lingkungan agar selalu asri, indah dan bersih. Satu di antaranya adalah berkebun yang memberi banyak manfaat bagi manusia dan bumi. 


Berkebun juga  memperindah lahan
Foto : Tri Mardi Rasa
Bahkan berkebun mampu menjawab masalah-masalah sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan secara bersamaan. Implementasinya mudah dan murah karena bisa dilakukan di mana saja, di halaman rumah-rumah,  perkotaan dan lain sebagainya dengan konsep urban farming.

Sekarang ini, berkebun sudah mulai menjadi bagian dari solusi meningkatkan gaya hidup sehat baik fisik maupun mental. Juga, kegiatan ini bisa memperbesar akses konsumsi sayuran dan buah secara mandiri bagi masyarakat. Memang, masih belum banyak masyarakat yang mengerti cara menanam dan mendapatkan benih yang baik untuk memulai kegiatan berkebun tersebut. 
Lingkungan jadi bersih dan indah
Foto : Tri Mardi Rasa

Kini, sudah banyak masyarakat atau komunitas yang mendedikasikan untuk kegiatan berkebun bersama. Lahan yang digunakan pun, menjadi kebun percontohn dan pendidikan bagi komunitas dan masyarakat sekitarnya.

Kegiatan langsung praktek di lapangan, mereka mengolah tanah, mencampur media tanam, memilih benih, menata dan sebagainya. Bahkan bagi pemula pun diajarkan bagaimana menanam dalam pot sehingga mereka bisa melakukan penanaman yang baik di halaman rumahnya.

Berkebun, di sekitar rumah baik yang menggunakan lahan tidur, lahan yang belum di pergunakan dan sebagainya secara tidak langsung akan menambah resapan air sehingga mencegah banjir, memperbaiki kualitas udara, menurunkan suhu udara, meningkatkan keanekaragaman hayati, dan menurunkan emisi karbon.

Tri Mardi Rasa

No comments: