Yunani Berkebun Saat Situasi Krisis

Krisis mengembalikan Yunani untuk bertani
Foto : Istimewa
Krisis ekonomi di Yunani menjadi mimpi buruk. Krisis pada 2012 ini, telah mengubah pola gaya hidup warganya agar bisa segera keluar dari kondisi tersebut.

Berbagai gerakan muncul, satu contohnya, gerakan pertanian perkotaan. Gerakan ini, mampu mengurangi ketergantungan warga dari konsumsi makanan impor yang selama ini didatangkan dari berbagai negara. 


Pertanian perkotaan atau urban farming pun mengalami peningkatan signifikan di kota-kota besar yang dilakukan masyarakat sipil dengan bantuan pemerintah daerah (kota). Bahkan warga Yunani jadi lebih kreatif memanfaatkan setiap jengkal lahannya untuk bertani atau berkebun agar bisa mengurangi biaya belanja kebutuhan makanan. 
Warga kota sadar pentingnya pertanian 
Foto : Istimewa

"Guerrilla Gardens" atau  Taman Gerilya yang ada di pinggiran kota Athena, Yunani menjadi salah satu contohnya. Taman bekas kamp militer dan bandara tua yang ditinggalkan pada 2001 disulap menjadi lahan pertanian untuk membudidayakan buah dan sayuran. 

Hasilnya, makanan sehat mampu menghidupi warganya dan para tunawisma. Warga kota menjadi tergerak untuk menerapkannya di rumah masing-masing. Dalam ekonomi sulit tersebut mereka mampu mengatasinya untuk mendapatkan makanan sehat. 

Sekaligus, bisa membangun masa depan yang lebih berkelanjutan melalui pertanian perkotaan yang telah lama mereka tinggalkan. 

Berjuang Hijaukan Kota

Mulai banyak di tiru warga di Athena
Foto : Istimewa 
Keberhasilan Guerrilla Gardens, membuat para pegiat lingkungan makin bersemangat membuat lahan pertanian dan ruang terbuka hijau warga di atas lahan terbengkalai. Bahkan memaksa pemerintah memastikan kawasan hijau dan membuat lahan kebun pertanian lebih luas termasuk dalam setiap pembangunan sebuah gedung baru. 

Polusi udara, kenaikan suhu yang telah memperburuk Athena dan berdampak pada kesehatan warganya pun mulai berangsur menurun. Sebuah kesempatan bagi Athena atau Yunani agar berkembang mendapatkan udara yang lebih baik.

Selain itu, lahan-lahan yang digunakan untuk pertanian perkotaan berperan juga bagi anak-anak sekolah.  Mereka bisa belajar menerapkan, melihat pertumbuhan tanaman, mengetahui bagaimana mengolahnya hingga jadi makanan yang bisa mereka lakukan sendiri

Keberadaan ruang hijau semakin banyak yang juga berdampak bagi tingkat depresi warga yang terdampak krisis. Kini, Warga kota di Athena mulai memanfaatkan halaman dan balkon rumahnya untuk menanam beragam jenis sayuran. 

Mereka saling berbagi hasil panen dan membantu para warga lain yang tidak mampu. Bahkan para pegiat lingkunan membantu mempromosikan hasil pertanian tersebut. Juga mengubah cara berpikir tentang keberlangsungan kota mereka melalui gerakan urban farming.

Tri Mardi Rasa

No comments: