Ajak Warga Hijaukan Kota

Urban farming menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat perkotaan yang telah terbiasa bergantung pada pasar konvensional dalam memenuhi kebutuhan hidup. Memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun banyak dilakukan warga di kota-kota besar di Indonesia.

Tak ketinggalan dengan kota Depok, Jawa Barat, beberapa warga yang tergabung dalam Depok Berkebun telah tergerak untuk membuat kotanya hijau. Meski gerakan ini baru sebatas gerakan komunitas tapi diharapkan menjadi gerakan warga kota.
Beberapa warga di kelurahan-kelurahan Depok telah melakukan penghijuan dengan menanam beragam tanaman untuk mempercantik sekitar rumahnya. Baik tanaman sayuran maupun tanaman hias yang membuat suasananya lebih bagus sehingga lebih enak dipandang.

Dengan melakukan kegiatan ini, Puji Nurwanto pegiat Depok berkebun berharap masyarakat bisa menghasilkan produk pertanian seperti sayuran yang bisa memberikan manfaat bagi mereka. Sebab Urban farming yang dilakukan ini memiliki dampak secara sosial dan emosional bagi warga.

Ia memberikan alasan, pekaranagan yang banyak ditumbuhi tanaman dan tertata rapih bisa memberikan susasana santai dan juga memberikan tempat beristirahat dari panas terik matahari. Selain itu, keberadaan tanaman atau kebun ini juga merupakan bisa menjadi ajang sosialisasi warga dalam hidup bertetangga.

Tanam Sayuran Paling Mudah

Puji mengatakan, kendala warga kota untuk berkebun adalah keterbatasan lahan. Oleh karena itu, keberadaan komunitas berkebun bisa berperan mengajarkan warga untuk berkebun di lahan sempit bahkan yang tidak punya lahan sekalipun. Bahkan, botol plastik bekas, paralon bekas, bambu, atau barang-barang bekas lainnya bisa dimanfaatkan menjadi wadah media tanam dan bisa menggantungnya atau meletakan di tembok atau pagar rumah.

Beberapa jenis sayuran daun, seperti bayam, caisim, kangkung, bisa ditanam untuk pemula. Sebab jenis sayuran tersebut yang paling mudah tumbuh. Bisa juga, dengan jenis tanaman buah atau tanaman obat.

Di komplek-komplek perumahan pun juga banyak warga yang memanfaatkan lahan yang masih belum dibangun untuk menanam sayuran. Bahkan beberapa diantaranya sudah ada yang bisa di panen seperti cabe, tomat, jagung manis, kangkung, dan bayam.

Komunitas Depok Berkebun juga akan menyelenggarakan Pasar Sahabat Bumi Sehat. Pasar ini merupakan pasar yang menjual tanaman dan buah-buahan organik hasil budidaya anggota penggiat Depok Berkebun atau pun warga perumahan sendiri.

Jadi sudah tidak ada alasan, tidak bisa berkebun karena tak ada lahan.

Tri Mardi Rasa

No comments: