Australia Ubah Lahan Kosong Jadi Lumbung Pangan Kota

Urbanfarming berkembang di Sydney
Urban farming di Australia mulai berkembang pesat, kota besar di beberapa negara bagian  Australia telah menyadari akan pentingnya urban farming bagi warganya. Kota-kota besar yang turut berpartisipasi dalam pengembangan pertanian perkotaan ini diantaranya, Perth, Melbourne, Sydney, Canberra, Hobart, Adelaide, Darwin, dan lain sebagainya. 

Berkebun di pemukiman perkotaan cukup marak di Australia, banyak warga yang telah mendapat manfaatnya. Pemerintah kota pun banyak yang mendukung ide-ide kreatif warganya yang membangun komunitas-komonitas urban farming.  
Anak-anak diajarkan untuk berkebun
Di Kota Sidney, pertanian perkotaan telah berkontribusi signifikan bagi warga perkotaan terutama dari dari segi ekonomi dan kesehatan lingkungan. Para warga kota memanfaatkan lahan kosong yang belum terpakai atau tidak dipakai dan memanfaatkan halaman rumahnya untuk berkebun.

Pengembangan Urban Farming tersebut menjadi kesadaran warga sebagai bentuk menciptakan pertanian perkotaan berkelanjutan sehingga bisa menghasilkan sayuran, buah-buahan dan bahan makanan bagi warga kota serta untuk menjaga ekosistem di perkotaan. Di Perth, Canberra, Adelaide, Darwin dan sebagainya pemerintah kota pun mendukung usaha yang dilakukan warganya.

Urbanfarming berkontibusi pada 
pemberdayaan warga kota
Gerakan warga dalam ber-urban farming telah banyak memberikan kontribusi. Kebun-kebun berskala kecil tumbuh menyebar diberbagai lahan kota, baik yang dimiliki perorangan, komonitas setempat dan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat. Sistem yang digunakan mulai aeroponik, hidroponik sampai yang tradisional yang dilakukan di samping, belakang dan depan rumah.

Contoh yang ada di Perth adalah kinerja Lembaga swadaya masyarakat Green World Revolution (GWR) yang membantu warga budidaya sayuran dan buah di lahan seluas 400 meter persegi. Lahan ini telah mampu memasok 35 restoran di sekitar kota dengan sayuran dan buah segar selama empat hari dalam seminggu. 

Selain itu, Canberra City Farm yang merupakan LSM berbasis aksi praktis dan demonstrasi budidaya tanaman, memproduksi makan segar dan sehat. Melalui pendidikan praktis ini warga bisa belajar segala hal tentang bertani hingga berpartisipasi dalam program-progam pertanian perkotaan yang berkelanjutan.

Lahan pertanian menjadi ruang publik
Foto-foto : City Farmer News
Di kota-kota Australia, kawasan urban farming juga menjadi ruang publik untuk berkumpul warga sekitar. Sehingga kawasan tersebut menjadi tempat menyenangkan bagi warga saling berinteraksi, bisa menikmati keindahan dan udara segar. 

Bagi anak-anak kawasan urban farming menjadi tempat yang paling disukai karena mereak bisa belajar bertanam, merawat tanaman, menyiram tanaman hingga memanen hasil. Melihat animo masyarakat dalam mempraktikan pertanian perkotaan terlihat kemajuan yang cukup besar Australia selama beberapa dekade terakhir dalam mengiatkan urban farming.

Tri Mardi Rasa

No comments: