Daya Tarik Urban Farming Bagi Pelancong di Swedia

Lahan perkotaan sempit tanam di pot
Semakin terbatasnya lahan perkotaan akibat pembangunan membuat kegiatan berkebun jarang dilakukan oleh warganya.

Berkebun di lokasi perkotaan berbeda dengan di desa, selain masih memiliki lahan luas juga menjadi kegiatan yang sulit dilakukan karena kecenderungan warga kota yang sibuk.  

Butuh kreatifitas, ide dan kemauan tinggi agar bisa  berkebun di rumah. Seperti, di era modern ini, berkebun bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Bahkan bisa dilakukan oleh mereka yang tinggal di apartemen atau rumah mungil. 
Seperti yang dilakukan oleh warga di kota-kota besar Swedia seperti Stockholm, Göteborg Malmö dan lain sebagainya. Mereka menanam sayuran dan buah di pot yang diletakan di balkon, jendela dan atap rumah. 

Passion Baru Warga Kota

Warga kota dan kaum urban ini telah menemukan passion berkebun sebagai alternative menanam bahan baku makanan segar dan hidup kembali dekat dengan alam. Banyak dari para warga ini juga menanami taman-taman umum, areal industri dan perkantoran dengan tanaman sayuran, buah, dan tanaman hias. 

Jadi passion baru warga kota
Tidak hanya itu, ada pula kebun di jalur kereta api yang terletak di Prinzessinnengarten. Kebun di jalur kereta ini terinspirasi dari Highline New York, keberadaan kebun ini menambah indah daerah ibukota Stockholm. 

Keindahan ini menarik warga kota untuk berkebun dan menjadi gemar untuk bercocok tanam. Di kala  waktu luang lebih banyak, mereka pun menghabiskannya untuk bercocok tanam di kebun tersebut.

Tak jauh dari kebun tersebut terdapat Rosendals Garden, kebun ini terkenal dengan hasil panen sayuran, buah-buahan dan tanaman herbal yang dioleh untuk disajikan di beberapa rumah makan. Gerakan pertanian perkotaan di Gothenburg, sejak beberapa tahun terakhir menjadikan kota ini sebagai kota terbaik di Swedia untuk pertanian perkotaan. 

Keberadaan kebun-kebun perkotaan yang dikelola warga ini membuat lingkungan urban menjadi lebih baik, bersih dan rapi serta keberadaanya mampu mengurangi polusi udara. Salah seorang warga kota yang berprofesi sebagai ilustrator dan desainer grafis serta suka berkebun menuturkan, berkebun di Swedia berbasis pada musim, jadi ini adalah kombinasi yang baik. 

Jadi daya tarik pelancong
foto-foto : Istimewa
Keindahan penataan kebun di beberapa kota ini menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong. Beberapa agen perjalanan local menjadikan kebun-kebun dan kegiatan warga kota untuk tujuan wisata. Para pelancong yang datang pun bisa berinteraksi dengan para warga yang berkebun dan bisa ikut dalam kegiatan tersebut dari mulai menanam hingga panen.

Pemerintah kota Gothenburg bersama warga pun bekerja sama dengan Gothenburg Green World, The Foodprint LAB mencanangkan "Grow Gothenburg" sebagai langkah awal untuk membuat rumusan pertanian perkotaan agar bisa dilihat dan mudah diakses oleh publik.

Tri Mardi Rasa

No comments: