Ingin Hijaukan Dan Mengorganikkan Banten

Berkebun berikan nilai ekonomi warga
Kesadaran masyarakat diperkotaan yang semakin tinggi pada pola hidup sehat telah menjadi pemicu maraknya kegiatan berkebun di sekitar rumah.  Selain untuk menghijuakan lingkungan,  berkebun juga memberikan manfaat besar bagi pegiatnya seperti kesehatan dan akses bahan makanan seperti sayuran yang dibutuhkan dalam menu keseharian.

Menurut Diah Puji Lestari dari Komunitas Banten Berkebun, mereka tertarik untuk bisa menanam dan mengonsumsi sendiri tanaman yang ditanamanya tersebut. Hal pertama yang perlu diketahui dalam berkebun, jika sudah menanam jangan takut gagal dan terus di ulang-ulang hingga berhasil. “Dari situ kita bisa belajar dan dari situ pula kita tahu bagaimana menanam dengan baik dan benar di lahan di rumah kita,” saran Diah panggilan akrabnya.

Kegiatan berkebun ini bisa dilakukan dengan bergembira, bahkan hasilnya pun bisa dirasakan. “Bisa menikmati hasil kebun sendiri dan bila punya peluang bisa di jual,” tegasnya.


Bukan Sekadar Berkebun 


Bantu Promosi kembangkan Urban Farming
Oleh karena itu, kata Diah, adanya acara berkebun ini membantu dalam mempromosikan pada masyarakat untuk mengembangkan urban farming di daerahnya masing-masing. Juga menjadi pemacu semangat serta kekompakan dari komonitas tersebut, seperti yang diikuti oleh Komonitas Banten Berkebun. “Kita juga tetap bersemangat untuk menyebarkan semangat berkebun,” kata Diah.

Berkebun dan bergembira.
Foto-foto : Tri Mardi Rasa 
Selain itu, lanjut Diah, kebersaman dalam berkebun juga memotivasi angota tim untuk berusaha sebaik mungkin untuk menampilkan semua tanaman yang dibudidayakan. Apalagi jika ada tanaman yang bisa tumbuh lebih baik dan besar dibandingkan dengan tanaman yang sama yang ditanam anggota lainnya.

“Sebenarnya, kegiatan berkebun yang kami lakukan hanya sebagai tempat para pegiat saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan dalam menghasilkan tanaman yang sehat untuk konsumsi sendiri dan dijual,” urainya.

Apresiasi juga diberikan oleh seluruh komunitas Banten Berkebun, sebab dalam kegiatan berkebun diharapkan bisa membuat kota menjadi lebih hijau, menjadi kota yang sehat dan kota dengan pasokan gizi terdekat. Semuanya itu, sesuai dengan misi dan visi komunitas, ingin menghijaukan dan mengorganikkan Banten dengan menggarap lahan tidur dan menyosialisasikan hasil pertanian organik adalah mudah didapat dan murah.


Tri Mardi Rasa




No comments: